Sabtu, 02 November 2013

Jogja Mendadak jadi Kota Tari

Jogja International Street Performance (JISP) yang keempat kalinya kembali digelar pada tanggal 20-22 September 2013.Perhelatan seni tari yang dirancang oleh para seniman dan Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengambil tema “Jogja the Dancing City” tahun ini. Tidak berlebihan untuk menyebut Jogja the Dancing City, mengingat reputasi kota ini dimana dinamika kreatifitas serta pengkajian seni termasuk seni tari berkembang dengan pesat. JISP 2013 tidak hanya dibuat sebagai pertunjukan seni yang dinikmati, melainkan juga sebagai salah satu metode untuk memberikan edukasi mengenai kesenian kepada masyarakat umum. Untuk itu maka diadakan pertunjukan dance on public sehingga seniman dapat mendekati publik, sehingga karya seni dapat dinikmati dan diapresiasi sebanyak mungkin orang.
priyonisme
JISP 2013 mengambil tempat di sepanjang jalan P. Mangkubumi, Jalan Malioboro, dan Jalan Ahmad Yani. Seniman bebas memilih tempat untuk pertunjukannya. Selain di ruang terbuka, JISP 2013 juga mengambil tempat di Taman Budaya Yogyakarta dan Galeria Mall. Pesertanya berasal dari Indonesia, Jepang, Korea,Singapura,  dan kolaborasi seniman dari Jepang, Korea, Hongkong, China, Taipei, India, dan Iran.
Koreografi Jampi Gugat dilakukan secara massal oleh 100 penari selama 5 menit di Tugu Golong-Gilig atau lebih dikenal sebagai Tugu Yogyakarta. Jampi Gugat dimaksudkan sebagai gugatan terhadap globalisasi dan budaya luar yang semakin menggerogoti kebudayaan Indonesia. Jampi Gugat mengingatkan bahwa kita punya kebaya dan jamu, kebudayaan asli yang harusnya tak hilang karena globalisasi.
priyonisme

Afro Java Percussion ikut ambil bagian dalam pertunjukan jalanan dengan latar belakang gedung kuno ikonis Jogjakarta yaitu Kantor Pos Besar dan Bank Indonesia.
priyonisme
priyonisme

priyonisme


2 komentar:

  1. keren yaa, pas iini belom sempet main jogja, kira2 ada lagi ngak yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok pas banget komentnya.. tanggal 20 ini ada festival yang lagi... 5 hari kedepan

      Hapus