Sabtu, 29 Juni 2013

Kapan Terakhir Kali Menulis

Setiap orang pasti memiliki ilmu pengetahuan, apalagi untuk ukuran mahasiswa. Ilmu pengetahuan itu tidak harus sesuatu yang ilmiah ataupun yang sudah pasti kebenarannya diterima oleh khalayak, tetapi pendapat, tanggapan, kritikan, dan hal yang lain juga merupakan ilmu pengetahuan, dalam makna umum, karena ilmu pengetahuan juga berawal dari sebuah hipotesis (sepengetahuan ku), bahkan filsafat, yang menjadi dasar dari segala ilmu pengetahuan, berawal dari sebuah keragu raguan terhadap sesuatu.
Saya rasa tidak ada orang yang tidak mempunyai pengetahuan, karena setiap individu yang berinteraksi dengan individu lainnya pasti terdapat adanya tujuan, entah itu untuk mendapatkan informasi ataupun memberikan informasi. Dan hal itu tentu berkat adanya pengetahuan. Jadi aktivitas menulis itu sama halnya dengan orang yang berbicara atau berinteraksi, hanya saja dengan media yang berbeda. Kalau interaksi melibatkan seluruh tubuh sedangkan, menulis lebih spesifik lagi, hanya melibatkan tangan dan pikiran.
Untuk menulis diperlukan inspirasi, dan memang inspirasi itu kadang muncul disaat saat tertentu, dan kadang karena sebab tertentu. Tetapi sebenarnya inspirasi itu menurut saya lebih cenderung kepada ide, yaitu satu hal yang khusus dari semua ilmu pengetahuan yang kita miliki. Jadi hanya menrupakan bagian kecil dari semua ilmu pengetahuan itu. Karena tentu kita tidak mungkin menulis semua yang kita ketahui, seseorang hanya perlu focus terhadap beberapa ide dan kemudian tulisan itu menjadi terfokus dan mudah dilakukan.
Dan yang menurut saya paling terpenting, dalam hal ini saya khususkan untuk hal menulis perlu adanya kemauan. Orang sepintar apapun tidak akan pernah menghasilkan satu kalimat pun jika tidak punya kemauan untuk menulis. Kemauan ini tidak harus muncul dari diri sendiri, tetapi bisa juga dari orang lain ataupun aturan yang memaksanya untuk menulis.
Tidak perlu keahlian khusus untuk menulis karena sebenarnya setiap orang mempunyai kecerdasan linguistik, hanya saja dengan kadar yang berbeda beda, sesuai dengan latihan yang dilakukan. Entah itu menulis keseharian mu sampai dengan apa yang kamu pikirkan dari pengalaman hidupmupun jadi, apa saja. Kalau yang seneng curhat gak jadi masalah. Pada intinya kemauan.

29/06/2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar