Sabtu, 11 Mei 2013

Konsep Manusia dalam Al-Quran

Perjalanan mengenal dan menuju Tuhan adalah suatu proses panjang kehidupan manusia, yang pada hakikatnya adalah proses pencarian diri. Dia tidak akan bisa memahami di luar dirinya dengan baik sebelum dia mengenal dirinya sendiri. Bahkan ada ungkapn yang sangat mashur di kalangan sufi “Barang siapa mengenal dirinya, maka dia telah mengenal Allah”.
Untuk mengetahui apa dan siapa manusia sebenarnya, dapat kita korek dari berbagai sumber, seperti medis, biologis psikologis, dan sosiologis. Selain itu ada sumber yang autentik pula yang dapat memberikan gambaran tentang siapa manusia, yaitu Al-Quran. Sebagaimana janji Allah bahwa Dia tidak menciptakan sesuatu yang sia-sia, dan Dia tidak menciptakan sesuatu selain agar makhluknya bisa mengerti dan memahami, apa dibalik penciptaan tersebut. Dalam satu riwayat yang mashur disetir oleh Ibn Arobi dikatakan bahwa “Aku adalah khazanah mutiara yang tersembunyi, Aku ingin diketahui, maka dari itu aku menciptakan makhluk (agar dia mengetahui-Ku). Layaknya seorang seorang saintis yang menciptakan suatu teknologi, maka dialah yang paling tahu ciptaanya, dan pastilah dia akan membuat buku panduan tentang hasil temuannya tersebut. Begitu juga Allah memeberikan panduan tentang ciptaan-Nya agar dia berjalan sebagaimana mestinya. Dan panduan tersebut adalah Al-Quran. Dia memeberikan informasi yang lengkap tentang penciptaan manusia, kedudukan manusia, peran manusia dan gambaran tentang masa depan manusia.
Penciptaan Manusia
Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa bahwa manusia sebenarnya mengalami evolusi. Evolusi di sini berbeda dengan teori evolusi darwinisme. Ada yang menafsirkan bahwa evolusi di sini merupakan tahapan-tahapan kehidupan dia, dari alam ruh, alam rahim, alam dunia dan barzakh dan alam akhirat. Dalam alam ruh ini manusia telah disumpah untuk bersaksi bahwa Allah adalah Tuhannya. Hal ini berarti secara fitrah manusia cenderung untuk mengakui akan keberadan Tuhan.(QS. 7: 172-173), sehingga tidak ada alasan untuk ingkar padanya.
Selanjutnya Allah menciptakann Adam AS dari tanah, diantaranya dajelaskan dalam QS. 15: 26, 28, 33, serta QS. 6:2. yang kemudian ditiupkan ruh Allah ke dalamnya (QS. 15:28, 38:72, 32:9). Dengan demikian, dalam diri manusia terdapat sifat-sifat ketuhanan. Setelah menciptakan Adama, Allah menciptakan Hawa dari jiwa yang satu, yaitu Adam.
Setelah penciptaan Adam dan Hawa, kejadian manusia selanjutnya dari nutfah. Di sisi lain dijelaskan pula dari sari pati tanaman. Hal ini tidak bertentangan, karena pada dasrnya nutfah itu sendiri merupakan saripati tanaman.
Al-Insan dan Al-Basyar
Kedua kata di atas sama-sama digunakan dalam Al-Quran untuk menunjuk makhluk yang bernama manusia, hanya saja penggunaan keduanya dalam kontek yangbeda. Kata al-insan digunakan dalam Al-Quran untuk menunjukan manusia sebagai makhluk yang memiliki potensi. Makhluk yang mempunyai ilmu ((QS. 4:6) dapat melihat (QS. 20:10) memepunyai fuad atau fikiran yang dengannya ia bisa berfikir rasional (QS. 7:179).
Sementara al-basyar digunakan dalam al-Quran untuk menujuk manusia sebagai makhluk lahirian atau bilogis yang berhubungan seksual, makan dan minum, keluar masuk pasar dan aktifitas lahiriah lainnya.
Peran Manusia
Manusia diciptakan oleh Allah pada dasarnya adalah untuk beribadah kepada Allah (QS. ), menyerahkan secara totalitas seluruh hidupnya hanya untuk Allah. Pada posisi ini manusia adalah sebagai hamba Allah atau abdi. Seorang abdi hanya akan tunduk dan takut sekaligus mencintai pada Tuhannya. Manusia sebagai abdi merupakan suatu hubungan vertical antara ia dan Tuhannya (hablu min Allah), di mana dia memepertanggungjawab-kan sumpah primordialnya.
Di sisi lain, manusia adalah khalifah Allah yang merupakan “tangan panjang” Tuhan di muka bumi ini yang bertugas memakmurkan bumi. (QS. 2:30) dan mengangkat derajat sesamanya (QS. 6:165), serta untuk menjaga dan mentransformasikan nilai-nilai tauhid (QS. 35:39). Dengan demikian ini merupakan peran horizontal (hablu min an-nas)
Adanya banyak istilah untuk manusia bukan berarti sebagai suatu dualitas, melainkan tetap pada satu kesatuan pribadi, integrasi kepribadian. Sebagai sebaik-baik ciptaan (QS. 95:4). Meskipun demikian dia dapat lebih hina dari binatang ternak, yaitu ketika merka tidak menggunakan hati pikiran dia intuk memahami, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar (QS. 7:179).
Mereka dalam ayat tersebut adalah orang yang tidak pernah memikirkan tentang nasib orang lain, karena dirinya telah tertutupi oleh nafsu dan tamak terhadap harta, jabatan dan lawan jenis. Mereka enggan untuk memberi nafkah pada anak yatim, dan meskipun mereka shalat sesungguhnya lalai dalam shalatnya. (QS.107:1-7) ibadahnya hanya karena riya dan untuk meningkatkan prestise dan status sosialnya saja. Penyakit sosial yang paling akut adalah ketika seseorang tidak peduli kepada sesamanya.

Orang-orang tersebut adalah orang yang tidak pernah memikirkan orang lain, sehingga dia menebang hutan seenaknya saja, sehingga bencana banjir, angin putingbeliung terjadi di mana-mana. Orang seperti ini jika menjadi pemimpin maka ia akan zalim, tidak adil dan tidak pernah berpihak pada rakyat, manipulasi data dan berpura-pura tidak melihat bahwa kemiskinan masih ada di mana-mana dan semakin meningkat jumlahnya. Mereka akan dipintai pertanggungjawabannya dan mereka akan dikembalikan pada seburuk-buruknya tempat (QS. 95:5)
Menarik kita renungkan bahwa di negeri mayoritas muslim ini masyarakatnya hidup jauh di bawah garis kemiskinan, sementara di sisi lain ada orang-orang muslim yang sangat kaya raya dan menguasai perusahan-perusahan besar di negeri ini. Jikalaupun ada alokasi dana untuk kaum miskin, sudah dipangkas terlenih dahulu.
Mungkin perlu kita mengambil hikmah dari keberadaan Adam di surga, yaitu untuk memerikan gambaran kehidupan ideal. Mari kita bangun kembali serpihan surga yang terlempar ke bumi bernama Indonesia ini dengan mengenali diri kita dari informasi dari Sang Pencipta. waallu a'alam bisshawab.

M. Habibi. 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar