Minggu, 22 Januari 2012

Belajar dari Perjuangan Mahasiswa Indonesia

Mahasiswa merupakan suatu elemen masyarakat yang unik. Jumlahnya tidak banyak (bandingkan), namun sejarah menunjukkan bahwa dinamika bangsa ini tidak lepas dariperan mahasiswa. Walaupun jaman terus bergerak dan berubah, namun tetap ada yang tidak berubah dari mahasiswa, yaitu semangat dan idealisme nya.
Semangat-semangat yang berkobar terpatri dalam diri mahasiswa, semangat yang mendasari perbuatan untuk melakukan perubahan-perubahan atas keadaan yang dianggapnya tidak adil atau ketidak sekepakatan (kontra). Selnjutnya mimpi-mimpi besar akan bangsanya. Intuisi dan hatikecilnya akan selalu menyerukan idealisme. Mahasiswa tahu, ia harus berbuat sesuatu untuk masyarakat, bangsa dan negaranya.
Sejarah telah mencatat dengan tinta emas, perjuangan mahasiswa dalam memerangi ketidak adilan yang sudah tidak lagi mendukung orang bawah (baca: wong cilik). Sejarah juga mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari mahasiswa atau dari pergerakan mahasiswa akan munculkan tokoh atau calon pemimpin bangsa.
Apabila kita menengok ke belakang, ke sejarah perjuangan bangsa, kebangkitan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda dimotori oleh para mahasiswa kedokteran STOVIA. Demikian juga dengan Soekarno, sang Proklamator Kemerdekaan RI merupakan tokoh pergerakan mahasiswa. Ketika pemerintahanbung Karno labil, karena situasi politik yang memanas pada tahun 1966, mahasiswatampil ke depan memberikan semangat bagi pelaksanaan tritura yang akhirnyamelahirkan orde baru. Demikian pula, seiring dengan merebaknya penyimpanganpenyimpanganyang dilakukan oleh orde baru, mahasiswa memelopori perubahan yang kemudian melahirkan jaman reformasi.
Demikianlah perjuangan mahasiswa dalam memperjuangkan idealismenya, untuk memerangi ketidakadilan. Namun demikian, perjuangan mahasiswa belumlah berakhir.
Di masa sekarang ini, mahasiswa dihadapkan pada tantangan yang tidak kalah besar dibandingkan dengan kondisi masa lampau. Kondisi yang membuat Bangsa Indonesia terpuruk, yaitu masalah korupsi yang merebak di seluruh bangsa ini. Mahasiswa harus berpandangan bahwa korupsi adalah musuh utama bangsa Indonesia dan harus diperangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar