Rabu, 12 Juni 2013

Catatan Di PKL Krakal

Dilihat dari kondisi masyarakat, kelihatannya langkah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat menjadi hal yang penting dan mendesak untuk dilakukan. Hingga kini, belum ada satu alasan yang kuat, untuk menyatakan bahwa rakyat khususnya di masyarakat Pesisi Pantai Krakal Gunung Kidul sudah sejahtera. Bahkan masih banyak yang tergolong miskin yang karena secara tidak langsung kurang bisa mengoptimalkan pontensi alam.
Kemiskinan adalah momok yang umumnya bisa kita satukan pendapat bahwa sebenarnya masyarakat di lingkungan pantai Krakal masih dirasa kurang dalam hal pemodalan ataupun untuk memenuhi kehidpannya, dan salah satunya juga adalah tentang tidak menyadarinya bahwa potensi pantai yanga ada seharusnya bisa di manfaatkan untuk bisa meningkatkan taraf kehidapan yang pada umumnya atau cukup.
Nah, karena masih menjadi belenggu kehidupan masyarakat di Pantai Krakal Gunung Kidul tentang kesadaran bahwa pekerjaan Pertanian khususnya tidak menjadi satu-satunya lahan untuk dijadikan pantokan untuk memenugi kesejahteraan dirinya sendiri atau orang lain  di lingkungannya.
PERSEPSI DASAR PENELITAN : Wacana tentang problema kemiskinan menjadi pokok utama persoalan yang semakin menguat di masyarakat pantai Krakal. Bahkan dunia internasional pun telah berulangkali menyerukan ajakan untuk menanggulangi masalah kemiskinan.
Lalu peran Pemerintah khususnya PEMDA setempat seharusnya sudah bisa menyediakan dana bagi rakyatnya yang ingin berusaha bisnis dan maju menjadi pengusaha mandiri dan disalurkan dengan berbagai macam cara langsung kepada masyarakat luas.

Nah, untuk pengembanangan daerah selanjutnya pemerintah memberikan pola-pola pembiayaan yang mudah dan murah bagi rakyatnya. Melalui jalur baguyuban yang ada didalam komunitas tani, bisa juga khusunya masyarkat Krakal bisa melakukan kerjasama untuk pendanaan lingkunngannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar