Sabtu, 28 Juli 2012

Rahasia Bulan Ramadhan

Untuk kesekian kalinya, saya tidak menyia-nyiakan untuk menulis aktivitas pada bulan suci Ramadhan kali ini. Seiring dengan keistimewaan di bulan ramadhan Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan engan menegaskan, kurang lebihnya seperti ini “Seandainya umatku tahu rahasia yang terkandung di dalam bulan suci ramadhan, pastilah mereka menginginkan ramadhan itu berjalan selama satu tahun”.
Ya, tentunya ada alasan lain ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari yang berbeda dengan hari biasanya ketika kita masuk pada bulan yang suci ini, dengan banyak latihan-latihan spiritual seperti tadarus Al Qur’an, ceramah atau kultum Al Qur’an di setiap malamnya, aktivitas ini akan selalu kita temui dan banyak di lakukan selama satu bulan penuh dan tentunya akan menjadi daya pikat tersendiri bagi setiap kaum muslim untuk bisa melakukannya.
Nuansa Ramadhan yang kentak akan religiusitas ini seakan-akan mensyaratkan pada setiap tradisi Islami yang tak henti-hentinya selalu menghiasi bertapa sucinya bulan Ramadhan, maka akan banyak kita temukan di hari-hari biasa tidak di lakukan oleh seoarang muslim akan berbeda jika kita masuk pada bulan suci Ramadhan. Contoh kecilnya, muslim akan lebih rajin beribadah wajib namun juga beribadah Sunnah.
Alangkah menyenangkannya menilisik nilai-nilai religius dari setiap aktivitas yang diperkuat oleh bulan ramadhan di kampung halaman tahun ini. Dengan hadirnya kesadaran diri akan kerahasiaan di bulan yang suci Ramadhan ini tentunya kita semakin mengenal bagaimana setiap insan mampu untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat lagi dari keseharianya yang lalu-lalu.
Dengan begitu, nilai-nilai Islam baik melalui ibadah yang kaya akan syarat religiusitas begitu juga hubungannya dengan sang pencipta dan manusia tentunya akan lebih harmonis dan mesra sesuai nilai-nilai yang terkandung dalam Islam.

Maka, untuk bulan suci Ramadhan kali ini labiih tepatnya 1435H tak hanya momentum untuk menjalin sikap romantisme dengan sang Pencipta, tentunya dengan sesama yang diciptakannya, yaitu orang-orang yang ada di dekat lingkungan tempat kita berada. Bagaimana dengan mu, apakah ada aktivitas yang berbeda (lebih) ketika datang bulan suci Ramadhan.?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar