Minggu, 14 Juli 2013

Uang dan Sisi Kemanusiaan

Uang sebagai sesuatu yang harus dipunyai dan kita miliki, karena tanpa kemunafikan terkadang uang bagikan sesuatu tolak ukur hidup matinya kita di dunia, dari sinilah timbul dari pada akhirnya menisbikan banyak hal. Uang menjadi tujuan akhir, tiada yang lain, akan membuat sebuah pusat hidup yang semu. Segala hal menjadi boleh, karena kita merasa sebagai majikan. Namun ternyata kita hanyalah budak dari sebuah benda bernama uang. Uang menjadi alasan satu-satunya untuk hidup. Sebuah reduksi nilai kehidupan yang sangat mengancam eksistensi manusia sebagai makhluk berakal.
Kita harus banyak menyadari, bahwa hidup itu sendiri mengandung banyak hal. Dan uang hanya bagian paling kecil dari sebuah hal yang luar biasa besarnya. Sehingga banyak hal yang dapat merujuk berpunya atau tidak. Berilmu, bijaksana, bermoral, berpikir, bertanya, bekerja, merupakan juga bagian dari hal luar biasa besarnya tersebut.

Sehingga nantinya, hidup itu tidak akan menodai kemanusian dengan penipuan, pembunuhan, atau tindakan yang dianggap bertentangan dengan nilai sebagai manusia itu sendiri. Kepercayaan pun akhirnya mampu tumbuh sebagaimana kebutuhan manusia akan manusia lainnya, bukan sebagai bumerang yang menghancurkan sisi kemanusian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar